PENGARUH POTONGAN HARGA, PENJUALAN PRIBADI, DAN PENATAAN PRODUK TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA PADA GIANT HYPERMARKET MASPION SURABAYA

Novita Amelia

Abstract


ABSTRAK

Jumlah sampel sebanyak 96 orang sebagai responden. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalahregresi linier berganda memperoleh persamaan Y=0,115 + 0,334X1+ 0,406X2 +0,214X3 dengan Fhitung sebesar 48,117 > Ftabel dengan nilai signifikansi 0,000yang lebih kecil dari 0,05. Artinya variabel Potongan Harga (X1), PenjualanPribadi (X2), Penataan Produk (X3) berpengaruh secara simultan terhadapPembelian Tidak Terencana, dan memiliki pengaruh secara parsial. VariabelPotongan Harga (X1) dengan thitung5,474 dan Penataan Produk (X3 5,275, Penjualan Pribadi (X2) dengan thitung) dengan thitung  3,040 lebih besar dari ttabel dengannilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Sementara pengaruh variabel dominanberdasarkan nilai koefisien Beta (β) masing – masing varibel Potongan Harga (X1)0,394, Penjualan Pribadi (X2) 0,407 dan Penataan Produk (X3) 0,210. Maka dapatdisimpulkan bahwa variabel Penjualan Pribadi (X2) berpengaruh dominanterhadap Pembelian Tidak Terencana pada Giant hypermarket Maspion Surabaya. Kata kunci : Potongan Harga, Penjualan Pribadi, Penataan Produk, PembelianTidak Terencana

ABSTRACT

The samples were 96 people as respondens this research include the typeof quantitative research. The analysis technique used is multiple linear regressionequation obtained Y=0,115 + 0,334X1+ 0,406X2 + 0,214X3whit F calculate equalto 48,117> F table with a  significance value of 0,000 is less than 0,05 meannsthat the variable Discount (X1), Personal Selling (X2), and Display (X3) effectsimultaneously to Impulse Buying, and had a parsial effect. Variable Discount(X1) with t calculate 5,275 , Personal Selling (X2) with t calculate 5,474 andDisplay (X3) with t calculate 3,040 bigger than t table with a significance valueless than 0,05. While the dominant influence based on the Beta coefficient eachvariable Discount (X1) 0,394, Personal Selling (X2) 0,407 and Display (X3) 0,210.It can be concluded that the Personal Selling of variable dominant influence onunplanned purchases on  Giant hypermarket Maspion Surabaya.  Keyword: Discount, Personal Selling, Display, Impulse Buying


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.