ANALISIS PENGARUH BAKAT PENJUALAN, PERSEPSI PERAN, TINGKAT KEAHLIAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUALAN AZARINE KOSMETIK SPA DI TOKO MAHKOTA INDAH SIDOARJO

Mochammad Syaifudin

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Pengaruh Bakat Penjualan, Persepsi Peran, Tingkat Keahlian, dan Kepribadian Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan Azarine Kosmetik Spa di Toko Mahkota Indah Sidoarjo merupakan Perusahaan kosmetik yang memproduksi berbagai macam kosmetik untuk wanita maupun pria dari segala usia. Perusahaan ini selalu berusaha mengedepankan kualitas produk yang dihasilkan. Dari berbagai faktor Kinerja Tenaga Penjualan peneliti memilih Bakat Penjualan, Persepsi Peran, Tingkat Keahlian, dan Kepribadian karena dirasa keempat variabel itu yang mewakili permasalahan yang sedang terjadi pada produk kosmetik Azarine. Dalam penelitian ini yang menjadi responden adalah kosumen atau pelanggan Azarine Kosmetik Spa di Toko Mahkota Indah Sidoarjo dengan jumlah populasi sebanyak 150 orang dan sampel sebanyak 108 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh pelanggan atau konsumen. Teknik analisis yang digukanan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji F, uji t, serta uji dominan dengan taraf signifikan 5%. Hasil pengujian terbukti bahwa variabel Bakat Penjualan, Persepsi Peran, Tingkat Keahlian, dan Kepribadian berpengaruh secara simultan yang signifikan dengan hasil regresi linier berganda dalam uji F diperoleh Fhitung sebesar 38,712 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,69 sedangkan pengaruh secara parsial yang signifikan melalui uji t diperoleh thitung untuk masing – masing variabel bebas yaitu variabel Bakat Penjualan (X1) sebesar 4,822, Persepsi Peran sebesar 8,026, Tingkat Keahlian (X3) sebesar 9,950 dan Kepribadian (X4) sebesar 3,607 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,659, maka variabel bebas yaitu Bakat Penjualan, Persepsi Peran, Tingkat Keahlian, dan Kepribadian berpengaruh terhadap variabel terikat Kinerja Tenaga Penjualan, sedangkan variabel Tingkat Keahlian berpengaruh dominan terhadap Kinerja Tenaga Penjualan.

Kata Kunci : Bakat Penjualan, Persepsi Peran, Tingkat Keahlian, Kepribadian, Kinerja Tenaga Penjualan.


Full Text:

PDF

References


Alwina, Jehan Reska. 2010. Pengaruh Keahlian dan Perilaku Penjualan Pada Work Outcomes Terhadap PT. Karya Dibya Mahardika Regional Jogja, Solo, dan Semarang. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

http://www.azarinespa.com/

Kotler Philip dkk, 2012, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta.

Marzuki. 2010. Metodelogi Riset. Yogyakarta: Prasetia Widia Pratama.

Mulatsih, Retno. 2011. Kinerja Tenaga Penjualan Pada PT. Sinar Niaga

Sejahtera Area Distribusi Jawa Tengah I.

Rasyidi, Ahmad Ardinal. 2014. Analisis Pengaruh Bakat Penjualan, Persepsi Peran, Tingkat Keahlian, dan Kepribadin terhadap Kinerja Tenaga Penjualan pada AUTO 2000 Padang.

Setiawan, Bayu. 2011. Perilaku Manajer Penjualan Pengaruhnya terhadap

Performa Tenaga Penjualan pada Tenaga Penjualan Dealer Suzuki Motor

Sales Surabaya. Universitas Pembangunan Nasional

Setiobudi, Bayuaji. 2007. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Selling Skill Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan Pada PT. Asuransi Sinar

Mas.Universitas Diponegoro Semarang.

Siahaan, Betty Zelda. 2010. Pengaruh Kemampuan Kerja, Persepsi Peran dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Universitas Negri Jakarta. Universitas Negri Jakarta

Sudjana.2010. Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sugianto, Dria Nugraha. 2013. Pengaruh Inovasi Produk dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Universitas Pendidikan Indonesia

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung

Swastha, Basu. 2011. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta. 320

Jurnal Manajemen Branchmark Vol 3 Issue 3, 2017

Wicaksono, Fajar. 2011. Pengaruh Keahlian Individu dan Penggunaan Sistem Teknologi Informasi terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan : Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderating (Survey Terhadap Karyawan Administrasi UMS). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Widiana, Muslichah Erma. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran. Karya Putra Darwati. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.