PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI, ISLAMIC SOCIAL REPORTING, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT (ERC) (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia periode 2014-2015)

Zuhairini Silfia

Abstract


ABSTRAK

Koefisien respon laba merupakan salah satu metode yang sering digunakan untuk mengukur kualitas laba. Penelitian ini menggunakan empat faktor yang diduga mempengaruhi kualitas laba yaitu konservatisme akuntansi, islamic social reporting, leverage, dan ukuran perusahaan. Penelitian ini meneliti sembilan belas perusahaan sektor konsumsi pada periode 2014-2015 yang terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konservatisme akuntansi, islamic social reperting dan leverage yang diproksikan oleh DAR tidak berpengaruh terhadap koefisien respons penerimaan secara parsial, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap koefisien respon laba.

Kata Kunci: Koefisien Respon Laba, Konservatisme Akuntansi, Islamic Social Reporting, Leverage, Ukuran Perusahaan.

ABSTRACT

Earnings Response Coefficient is one method that is often used to measure the quality of earnings. This study uses four factors suspected to affect the quality of earnings that accounting conservatism, islamic social reporting, leverage, and firm size. This reseach examined nineteen consumtion sector companies 2014-2015 period at the Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). The results of this research show that accounting conservatism, islamic social reporting and leverage that proxied by DAR does not have effect on earnings response coefficient partially, while firm size have significant effect on earnings response coefficient partially.

Keywords: Earnings response coefficient, accounting conservatism, islamic social reporting, leverage, and firm size. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.