PENGARUH DIVERSIFIKASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)

Novi Puspita Sari

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bagaimana pengaruh diversifikasi perusahaan terhadap pertumbuhan dan profitabilitas perusahaan. Diversifikasi yang digunakan adalah diversifikasi segmen usaha dan segmen geografis serta diukur menggunakan Indeks Herfindahl. Pertumbuhan perusahaan diukur menggunakan Sales Growth dan profitabilitas perusahaan diukur menggunakan EVA. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria-kriteria tertentu yang telah ditetapkan dan diperoleh sampel sejumlah 15 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji regresi yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa tinggi rendahnya diversifikasi suatu perusahaan tidak mempengaruhi Sales Growth dan nilai EVA perusahaan.

Kata Kunci : Strategi Diversifikasi, Diversifikasi Segmen Usaha, Diversifikasi Segmen Geografis, Sales Growth, EVA

ABSTRACK

The purpose of this research was to provide how diversification effect on the company’s growth and profitability. Diversification used operating segments and geographical segments and measured using the Herfindahl Index. The company’s growth measured using the Sales Growth and profitability measured using EVA. This research used the consumer goods industry sector listed in Indonesia Stock Exchange 2012-2015. The sampling method used purposive sampling and obtained fifeteen companies. Data analysis techniques used multiple linear regression. Based on the regression test results showed that the high-low level of diversification do not effect the corporate’s Sales Growth and EVA.

Keywords : Diversification Strategy, Operating Segments, Geographical Segments, Sales Growth, EVA.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.