PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARAIBEL MODERASI

Findria Prameswari

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui apakah corporate social responsibility (CSR) dapat memperlemah hubungan antara ukuran perusahaan dengan agresivitas pajak. Informasi dalam laporan tahunan atau keuangan perusahaan digunakan untuk menguji dan menghitung proksi variabel-variabel tersebut. Populasi yang digunakan adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2011-2015. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic SPSS dengan MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak dan corporate social responsibility (CSR) tidak dapat memperlemah hubungan antara ukuran perusahaan dengan agresivitas pajak.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan, Agresivitas Pajak.

ABSTRACT

This study aims to examine and determine whether corporate social responsibility (CSR) can weaken the relationship between firm size and tax aggressiveness. Information in annual reports or corporate finances is used to test and quantify the proxies of those variables. The population used is mining firm listed on the BEI in 2011-2015. Data were analyzed using SPSS statistical analysis with MRA (Moderated Regression Analysis). The results showed firm size not have effect on tax aggressiveness and that corporate social responsibility (CSR) can not weaken the relationship between firm size and tax aggressiveness.

Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Firm Size, Tax Aggressiveness.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.